Fairuz el Said

andragogi - pembelajaran orang dewasaAndragogi lahir setelah didahului paedagogi yang berasal dari bahasa Yunani yaitu paed berarti “anak” dan agogos berarti “memimpin atau membimbing”. Paedagogi adalah ilmu dan seni dalam mengajar anak. Sedangkan andragogi sendiri juga berasal dari bahasa Yunani yakni andr yang berarti “orang dewasa” dan agogos yang berarti “memimpin atau membimbing”. Orang dewasa sendiri dapat didefenisikan dalam tiga aspek yaitu :

  • Giologis → seseorang dikatakan dewasa apabila telah mampu melakukan reproduksi.
  • Psikologis → seseorang dikatakan dewasa apabila telah memiliki tanggung jawab terhadap kehidupan dan keputusan yang diambil.
  • Sosiologis → seseorang dikatakan dewasa apabila telah mampu melakukan peran-peran sosial yang biasanya dibebankan kepadanya.

Menurut Alexander Kapp andragogi lebih merupakan proses pendidikan bagi seluruh orang dewasa cacad maupun tidak cacad secara berkelanjutan.

Pendekatan andragogi diantaranya digunakan dalam : penanganan kasus-kasus dalam bidang pelayanan masyarakat, proses pemasyarakatan kembali, pendidikan luar sekolah, manajemen personalia, organisasi-organisasi, program-proram pembangunan masyarakat dan sejenisnya.

View original post 653 more words

Leave a comment